Latest News

Bingung Tentukan Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

By Psikologi Universitas Muria Kudus - Selasa, 25 Juni 2013

Bingung Tentukan Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi


Tanya:
Soya seorang siswa yang baru saja lulus SMU, saat ini soya sedang gelisah menentukan untuk melanjutkan kuliah dimana dan dijurusan apa. Karena banyak masukan dan informasi yang soya terima membuat soya bingung sendiri. Tolong solusinya karena pendaftaran di Perguruan Tinggi (PT) sudah mulai dibuka, terima kasih.
R di Kudus

Jawab:
Terima kasih adik R di Kudus atas pertanyaannya. Pertanyaan itu mengingatkan saya akan pertanyaan di edisi yang lalu, di mana banyak siswa SMU yang baru saja lulus bingung menentukan untuk melanjutkan di mana. Beruntunglah adik R yang mempunyai kemauan dan kesempatan untuk melanjutkan sekolah di jenjang yang lebih tinggi, karena tidak menutup kemungkinan banyak teman dan adik R yang tidak dapat melanjutkan pendidikan, dengan berbagai macam masalah. Untuk itu, adik R dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Pada bulan Mei - Agustus ini merupakan sebuah fenomena tahunan di mana para remaja mencari bangku kuliah. Perencanaan pemilihan jurusan dan perguruan tinggi yang akan dituju bukanlah suatu perkara yang mudah. Menurut Baron & Byrne (2005) mengungkapkan bahwa pengambilan keputusan merupakan proses yang melibatkan penggabungan dan penyatuan informasi yang ada untuk memilih satu dari beberapa kemungkinan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jurusan kuliah, karena menyangkut masa studi yang sekian tahun dan lebih jauhnya untuk karier di masa yang akan datang.
Dengan begitu beberapa hal yang harus diperhatikan adalah : yang pertama, kenali kapasitas diri (intelektual dan finansial). Dengan mengetahui kapasitas intelektual diri dapat menyesuaikan dengan standar intelektual dari jurusan yang dituju. Begitu juga dengan finansial orang tua yang membiayai, jangan sampai berhenti di tengah jalan karena masalah biaya.

Yang kedua sesuaikan minat, bakat, kemampuan diri, dan cita-cita, jangan sampai para remaja memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan dengan teman, atau paksaan dari orang tua, karena jurusan yang diambil merupakan bekal penting dalam memilih pekerjaan dan bergelut dengan profesi kelak.

Yang ketiga adalah kenali seluk beluk perguruan tinggi dan jurusan yang dipilih, hal yang perlu diketahui terutama mengenai akreditasi (standar kualitas) universitas dan jurusan, fasilitas, sarana prasarana, kualitas kelulusan hingga peluang kerja setelah lulus.

Keempat, mengenali peluang diterima di perguruan tinggi yang dituju, yaitu dengan mengenali jumlah peminat yang akan bersaing memperebutkan jurusan yang sama.

Dan yang kelima adalah kenali budaya, karakteristik kota perguruan tinggi. Hal ini sangat penting karena membutuhkan adaptasi lingkungan, sosial, pergaulan, gaya hidup, maupun alam.

Demikian adik R di Kudus, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jurusan dan universitas yang akan adik R tuju, semoga bermanfaat dan sukses dalam menapaki masa depan.

Dijawab oleh : Dhini Rama Dhania SPsi, MSi

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

counter free hit unique web