Pendampingan Anak Kebutuhan Khusus
By Psikologi Universitas Muria Kudus - Rabu, 09 Februari 2011
Sebagai bentuk kerjasama berkelanjutan antara Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus dengan SD N Karanganyar 1 Kabupaten Demak, sebagai salah satu sekolah inklusi yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Demak. Fakultas Psikologi sebagai mitra sekolah inklusi telah memberikan pendampingan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang telah diidentifikasi melalui Tes Psikologi (dilaksanakan juga oleh Tim dari Fakultas Psikologi UMK-Kudus), pendampingan ini dipimpin oleh Trubus Raharjo, S.Psi.,M.Si.,Psikolog, sebagai staf dosen di Fakultas Psikologi UMK-Kudus dan juga melibatkan beberapa mahasiswa yang diharapkan dapat memberikan bekal penerapan keilmuan yang telah diperoleh diperkuliahan. Siswa-siswa yang memperoleh pendampingan adalah mereka yang dikategorikan berkebutuhan antara lain kategori Slow Learner (lambat belajar), Learning Disability (kategori Disleksia, Disgrafia, Diskalkulia dan ADD). Siswa-siswa tersebut memdapat pendampingan berupa pelatihan dalam bentuk terapi kognitif dan terapi perilaku. Dalam terapi ini diharapkan anak atau siswa-siswa yang termasuk kategori tersebut dapat memperoleh peningkatan kualitas kemampuan berpikir maupun kemampuan adaptasi yang lebih baik sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar. Dalam pendampingan ini juga melibatkan Guru Pembimbing Khusus dari pihak sekolah yang diharapkan dapat memberikan pendampingan yang berkelanjutan terhadap mereka dari pendampingan awal yang telah dilakukan Tim dari Fakultas Psikologi.
Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS